CEO Shopify Memikirkan untuk Integrasi ke Dalam Ekosistem DeFi

FOMO Crypto untuk menuju adopsi arus utama sangat signifikan karena CEO dari raksasa e-commerce Shopify secara terbuka telah menanyakan bagaimana mengintegrasikan perusahaannya dengan ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Pada Jumat malam lalu, CEO Shopify Tobi Lutke memposting pesan di Twitter yang menanyakan komunitas DeFi “peran” apa yang dapat dimainkan Shopify dalam vertikal keuangan yang berkembang:

“Hai #DeFi Twitter. Peluang terkait perdagangan apa yang paling Anda sukai? Peran apa yang Anda ingin Shopify mainkan?”

Permintaan tersebut menarik ratusan tanggapan, termasuk dari beberapa pemain utama DeFi.

Alex Svanevik dari Nansen menyebutkan pembayaran Stablecoin serta menggunakan protokol DeFi untuk memungkinkan uang tunai di akun Shopify untuk mendapatkan imbal hasil (yield), dan juga Corbin Page dari ConsenSys menunjuk proyek hackathon yang menyetorkan pembayaran langsung ke protokol yang menghasilkan yield. 

Saran yang lebih kompleks berpusat pada dana yang disimpan untuk pembayaran, biaya berlangganan real-time, dan menggunakan protokol seperti Alchemix untuk mengaktifkan pinjaman yang didukung aset untuk pembayaran.

Meskipun sifatnya sangat spekulatif, renungan Lutke tampaknya menjadi tanda bahwa dia terkena bug crypto. Sebelumnya pada hari itu, dia memposting bahwa dia telah “mencoba-coba” dengan kontrak pintar, menyebut fungsinya “menarik”. Selain teknologi, sang CEO juga tampaknya tertarik dengan DeFi yang terbuka dan tanpa izin.

Dalam sebuah Tweet, dia mengatakan bahwa meskipun itu pasti tidak sesuai dengan definisi desentralisasi yang murni, salah satu tujuan Shopify adalah mengurangi hambatan dalam ritel online:

“Shopify adalah produk dari masa pra-crypto dan selaras dengan peluang desentralisasi. Lebih dari satu juta bisnis menggunakan kami di seluruh dunia.”

Ia pun menambahkan:

“Biasanya perusahaan melihat pasar seperti ritel dan berkata, keren, saya akan memenangkan pasar itu. Shopify melakukan hal ‘keren, mari pastikan semua orang bisa berpartisipasi’. Jadi dalam semangatnya (bukan menurut definisi Anda) kami membantu melawan sentralisasi. Masuk akal?”

Jika fitur yang didukung DeFi akhirnya berhasil masuk ke platform Shopify, kemungkinan itu akan segera menjadi salah satu katalis paling penting untuk diadopsi dalam sejarah singkat DeFi. 

Sekedar informasi, Shopify adalah perusahaan terbesar di Kanada, di antara yang terbesar di belahan bumi utara, dan memiliki lebih dari 3 juta toko online sebagai bagian dari platformnya.


Ikuti kami di Facebook | Telegram | Instagram | Twitter
Septiady

Sudah Bermain Cryptocurrency Sejak 2015 dan Percaya Bahwa Cryptocurrency Akan Mempermudah Hidup Manusia